Pages

Rabu, 25 April 2012

Desain Mesin Penjual Action Figure & Analisanya



Analisa Sebuah Mesin Penjual Action Figure

Untuk menganalisa sebuah desain, di perlukan kriteria-kriteria yang ingin di analisa, dengan kriteria  sebagai berikut:
a.     Faktor Psikologis
b.     Faktor Ergonomis
c.     Faktor kecerdasan buatan
d.     Faktor Teknik Pembuatan
e.     Faktor Multimedia
f.      Rekayasa Perangkat Lunak

Berikut adalah analisa dari kriteria-kriteria di atas:

a.       Faktor Psikologis
Di lihat dari faktor psikologis, desain dari mesin penjualan action figure ini memberikan suatu psikologis yang baik dan positif bagi para penggunanya kelak, desain yang berwarna-warni dan gambar tokoh-tokoh animasi ini, memberikan pandangan yang nyaman bagi setiap orang yang melihatnya.

b.      Faktor Ergonomis
Untuk faktor Ergonomis, penulis memberikan tata letak yang baik. Untuk pengambilan action figure yangt sudah dibeli, di letakan di bawah  sehingga memudahkan konsumen yang memiliki  postur tubuh kurang maksimal ataupun anak-anak untuk mengambilnya. Warna yang di gunakan penulis banyak kombinasi dan gambar tokoh-tokoh animasi, yang memiliki daya tarik yang baik untuk menarik minat konsumen.

c.       Faktor Kecerdasan Buatan
Menurut faktor kecerdasan buatan, desain mesin action figure ini dapat di katakan baik dan mudah di gunakan, menggunakan sistem digital dalam proses  pembelian. Mesin ini di lengkapi  layar yang memudahkan konsumen untuk memilih action figure apa yang ingin di beli, beserta harga-harganya. Untuk pembelian mesin ini menggunakan card member, dimaksudkan memudahkan konsumen  agar tidak repot-repot menukarkan uang receh untuk membeli action figure tersebut dari mesin ini.

d.      Faktor Teknik  Penulisan
Untuk faktor teknik penulisan, mesin ini nyaris tidak memiliki tulisan. Mesin ini terdapat printan struk untuk harga action yang di beli, apabila terdapat harga yang tidak sesuai, dapat di jadikan bukti untuk pengaduan kepada vendor.

e.      Faktor Multimedia
Multimedia yang di tampilkan terdapat pada layar, berupa wallpaper dan screensaver.
serta musik soundtrack anime jika mesin sedang idle atau tidak digunakan.

f.        Rekayasa Perangkat Lunak
Mesin ini di dukung sistem komputerisasi yang  menggunakan perangkat lunak software untuk program pembelian yang dilakukan konsumen dan memudahkan vendor untuk melakukan rekap data transaksi bulanan yang terjadi pada mesin.